Selasa, 06 Maret 2012

Algoritma Komputasi

Rabu, 15 Februari 2012

Algoritma komputasi adalah tema dalam mata kuliah komputasi teknik pada pertemuan kali ini.

Algoritma dan komputasi pada dasarnya memiliki pengertiannya masing-masing, dimana pengertian algoritma adalah merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah, sedangkan komputasi bisa diartiokan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari input data dengan menggunakan suatu algoritma. Dengan demikian, walaupun algoritma dan komputasi memiliki arti
yang berbeda, tapi keduanya saling berkaitan oleh karena itu dibuatlah suatu tema untuk bahan blog kali ini, yaitu algoritma komputasi.

Algoritma merupakan suatu cara dimana kita dapat berkomunikasi dengan komputer secara langsung, dengan menggunakan perintah-perintah dan bahasa-bahasa tertentu (machine languange), karena komputer hanya dapat memahami perintah dalam bahasanya sendiri yaitu bahasa mesin dalam hal ini bahasa pemprograman. Algoritma dapat diibaratkan sebagai penerjemah bahasa manusia ke dalam bahasa mesin agar dapat dipahami dan dimengerti oleh komputer sehingga dapat melaksanakan perintah yang kita berikan.

Komputer dapat diibaratkan seorang anak kecil yang perlu diberi instruksi-instruksi tertentu ketika diberi perintah. Peran kita disini adalah menyediakan instruksi-instruksi sederhana agar dapat dimengerti oleh anak tersebut sehingga dapat mengerjakan atau menyelesaikan perintah yang kita berikan.

Pada kuliah hari ini, mahasiswa dibimbing untuk membuat sebuah program perhitungan sederhana "a * b = c" dengan menggunakan fitur macro visual basic editor yang terdapat pada program microsoft Excel, dimana nilai dari variabel a dan b sudah ditentukan sebelumnya.

Selanjutnya mahasiswa ditugaskan untuk membuat suatu program sederhana dengan menggunakan fitur looping atau pengulangan. Fitur looping yang banyak dikenal saat ini kebanyakan menggunakan struktur:
  • Do…Loop
  • For…Next
  • For Each…Next
Adapun penggunaan struktur tersebut akan di bahas di pertemuan selanjutnya.

3 komentar:

  1. Penjelasannya baik sekali, lanjutkan bung Enggar

    Daniel (mhs.blog.ui.ac.id)

    BalasHapus
  2. saya selalu salah dalam pengucapan.. kadang algoritma saya bilang logaritma, padahal artinya sangat jauh berbeda.. algoritma berarti bisa dikatakan perintah dengan bahasa kita sendiri ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Algoritma bisa diartikan seperti itu tujuannya agar dapat mudah dipahami dan mudah untuk di terjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemprograman yang akan kita gunakan..
      cmiiw

      Hapus