Selasa, 06 Maret 2012

Menggunakan Software CFD - CFDSoft

Hari ini, Kamis tanggal 16 Februari 2012...

Pada kuliah CFD kali ini, mahasiswa di haruskan membuat sebuah akun untuk dapat menggunakan perangkat lunak CFD dengan menggunakan Remote Desktop Connection.

Remote Desktop Connection (RDC) merupakan sebuah program bawaan dari Microsoft Windows yang berfungsi layaknya remote untuk dapat berinteraksi dan mengakses komputer lain. Dengan menggunakan RDC, maka mahasiswa dapat menggunakan software CFD khusus yang terdapat pada server atau host yang telah ditentukan.

Software CFD yang mahasiswa pelajari kali ini, sebagian besar menggunakan Text sebagai input, atau berbasis text. Software tersebut walaupun sebagian besar berbasis text sangatlah menarik untuk dipelajari. Sayangnya, komputer yang digunakan oleh penulis tidak dapat mengakses RDC dan membuat akun sehingga tidak dapat terhubung dengan host dan tidak dapat menggunakan software tersebut.

Dari pantauan penulis dengan menumpang pada teman yang dapat mengakses software CFD tersebut, banyak hal yang dapat dilakukan dengan software tersebut seperti melakukan analisa terhadap distribusi tekanan, distribusi kecepatan, bahkan hingga arah aliran dalam suatu batas ruang yang telah ditentukan sebelumnya.

Pada latihan pertama, penulis mencoba membuat aliran distribusi udara yang sederhana dengan ukuran 15 x 6 x 9.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar