Selasa, 06 Maret 2012

Kuliah Perdana Komputasi Teknik

Senin, 13 Februari 2012

Pada pertemuan kali ini, mahasiswa diberikan penjelasan mengenai komutasi teknik oleh bapak  Dr. Ahmad Indra Siswantara. Dari penjelasan beliau, penulis mencoba untuk memahami dan menulis ulang apa yang penulis dengar sesuai dengan kemampuan penulis dalam menyusun kata-kata.


Komputasi sebenarnya dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma tertentu. Hal ini juga bisa disebut dengan teori komputasi, yang merupakan suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika, hampir mirip dengan istilah komputasi teknik.


Pada pertemuan kali ini, saya mendapat penjelasan bahwa pada dasarnya komputasi teknik merupakan suatu kesatuan ilmu yang di dalamnya terdapat ilmu tentang Computation System, Chemical, Engineering, Computer, Mathematic, dan Physic.

Dari beberapa sumber yang saya dapat, komputasi teknik atau komputasi sains merupakansalah satu cabang ilmu komputasi. Secara umum mengkaji aspek-aspek komputasi untuk aplikasi atau memecahkan masalah di bidang sains atau keteknikan seperti dijelaskan sebelumnya.

Untuk sebagian besar dari kita mungkin sudah familiar dengan istilah-istilah di atas, tapi sebaghian besar dari kita juga mungkin belum mengenal atau memahami penerapan ilmu-ilmu di atas untuk kehidupan sehari-hari atau kaitannya dengan komputasi teknik.

Nah, pada mata kuliah inilah saya dan seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini akan mendalami tentang pengaplikasian komputasi teknik dalam membantu kita sebagai seorang engineering untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang sulit untuk dipecahkan secara manual.

Sebagai seorang engineering tentulah sangat penting untuk menguasai ilmu komputasi teknik, karena komputasi teknik membutuhkan setidaknya 3 aspek yang harus dipenuhi, yaitu software, hardware, dan brainware, dimana software dan hardware merupakan instrument yang telah ada dan siap digunakan sedangkan brainware adalah kita sendiri sebagai seorang engineer, dimana brainware sendiri merupakan motor penggerak dalam komputasi.

Jadi bisa dikatakan bahwa brainware merupakan hal yang sangat penting dan krusial, karena kemampuan brainware bergantung pada kemampuan dan pengetahuan kita dalam menggunakan instrumen yang ada (hardware & software) dan dalam mata kuliah inilah kita bisa melatih dan mengembangkan diri kita untuk menjadi brainware yang sangat handal kelak.


Tapi seperti kita tahu bahwa kata software tidak pernah terlepas dari hardware, dimana software merupakan program yang menunjang kerja hardware untuk mempermudah pekerjaan. Software akan mengalami perubahan (update) guna mencapai titik yang diharapkan. lain halnya dengan brainware, ketika sebuah chip (IQ - Kecerdasan Intelektual, EQ - Kecerdasan Emosi, SQ - Kecerdasan Spiritual) ditanamkan kedalam otak kita, sebuah kejadian yang luar biasa akan terpatri di dalam diri kita. Software perlu update untuk mengikuti perkembangan jaman, begitu pula dengan brainware. Tanpa mengasah ketiga komponen diatas sangatlah mustahil bagi brainware untuk membuat suatu kemaslahatan di bumi ini.

Better Late Than Never..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar