Selasa, 06 Maret 2012

CFD itu apa ya??

Senin, 13 Februari 2012

Sobat, blogger, ada yang tau apa itu CFD??

Computational Fluid Dynamic (Komputasi Dinamika Fluida) atau yang biasa dikenal dengan CFD, adalah cabang dari mekanika fluida yang menggunakan metode numerik dan algoritma untuk memecahkan dan menganalisa masalah yang meibatkan aliran fluida.


Penggunaa CFD secara umum dipakai untuk memprediksi :

  • Aliran dan panas
  • Transfer massa
  • Perubahan fasa seperti pada proses melting, pengembunan dan pendidihan
  • Reaksi kimia seperti pembakaran
  • Gerakan mekanis
  • Gelembung elektromagnetik
Secara umum proses penghitungan CFD terdiri atas 3 bagian utama:
  1. Prepocessor
  2. Processor
  3. Post processor
Prepocessor adalah tahap dimana data diinputuntuk membangun model CFD;
Processor, pada tahap ini dilakukan proses penghitungan data-data input dengan persamaan yang terlibat secara iteratif;
Post processor dimana hasil perhitungan diinterpretasikan ke dalam gambar, grafik bahkan animasi dengan pola warna tertentu.

Komputer digunakan untuk melakukan jutaan perhitungan yang diperlukan untuk mensimulasikan interaksi antara cairan dan gas dengan permukaan yang didefinisikan oleh kondisi batas (boundary conditions). Dasar fundamental dari hampir semua masalah CFD adalah persamaan Navier-Stokes, yang menemukan setiap fase tunggal aliran fluida. Dan dengan menggunakan super-komputer kecepatan tinggi, solusi yang lebih baik dapat dicapai.

Hingga saat ini, masih terus dilakukan penelitian guna mendapatkan perangkat lunak (software) yang dapat meningkatkan akurasi dan kecepatan dari suatu skenario simulasi yang kompleks seperti transonik atau arus turbulensi, karena proses perhitungan numerik yang menggunakan banyak persamaan akan sulit jika dihitung secara manual, sehingga diciptakanlah seuah perangkat lunak sebagai alat bantu dalam proses perhitungan, sehingga perangkat lunak ini disebut perangkat lunak CFD, seperti Fluent, Gambit, Ansys, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar